PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PEMBELI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Authors

  • Sudarsono Efendi Sofyan

Keywords:

Ekonomi Islam,, Kuantitatif, Lokasi, Loyalitas Pembeli

Abstract

PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PEMBELI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari, Kecamatan Braja Selebah, Kabupaten Lampung Timur)

Oleh:

SUDARSONO EFENDI SOFYAN

 sudarsonoefendisofyan@gmail.com

STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung

ABSTRAK

Toko  Nuri  Jaya  merupakan  salah  satu  pelaku  usaha  yang  menjual berbagai kebutuhan sehari-hari yang terletak di Desa Braja Harjosari, Kecamatan Braja Selebah, Kabupaten Lampung Timur. Dalam usahanya untuk menciptakan loyalitas   pembeli   diperlukan   strategi   pemarasan   yang   tepat,   satu   strategi pemasaran yang digunakan adalah penetapan harga yang terjangkau dan penyediaan   lokasi   yang   luas.   Hal   inilah   yang   mendorong   peneliti   untuk melakukan penelitian dalam rangka menyusun skripsi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah harga secara parsial dapat mempengaruhi loyalitas pembeli dalam berbelanja pada Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari? 2) Apakah lokasi secara parsial dapat mempengaruhi loyalitas pembeli dalam berbelanja pada Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari? 3) Apakah harga dan lokasi secara simultan dapat mempengaruhi loyalitas pembeli dalam berbelanja pada Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari? 4) Bagaimanakah persepektif ekonomi Islam tentang harga, lokasi dan loyalitas pembeli di Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 30 responden sebagai sampel dari jumlah populasi tidak diketahui. Data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil  uji  t  menunjukkan  1)  Adanya  pengaruh  dari  harga  terhadap loyalitas pembeli, 2) tidak ada pengaruh antar lokasi terhadap loyalitas pembeli. Hasil uji f menunjukkan secara bersamaan variabel harga dan lokasi berpengaruh terhadap loyalitas pembeli pada Toko Nuri Jaya di Desa Braja Harjosari. 4) Sedangkan dalam perspektif ekonomi Islam, harga yang ditetapkan Toko Nuri Jaya sesuai dengan persepektif ekonomi islam yaitu harga atas dasar kerelaan atau suka sama suka dan lokasi yang dipilih dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar serta tidak merusak lingkungan. Serta adanya hubungan timbal balik yang menguntungkan antar penjuandan pembeli sehingga terciptalah loyalitas pembeli.

 

Published

2024-10-02

How to Cite

Sofyan, S. E. (2024). PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PEMBELI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Riset Ekonomi Islam, 3(2), 1–11. Retrieved from https://journal.steidarulquran.ac.id/index.php/jrei/article/view/29

Issue

Section

Articles