PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PEMBELI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Keywords:
Ekonomi Islam,, Kuantitatif, Lokasi, Loyalitas PembeliAbstract
PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PEMBELI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari, Kecamatan Braja Selebah, Kabupaten Lampung Timur)
Oleh:
SUDARSONO EFENDI SOFYAN
sudarsonoefendisofyan@gmail.com
STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung
ABSTRAK
Toko Nuri Jaya merupakan salah satu pelaku usaha yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari yang terletak di Desa Braja Harjosari, Kecamatan Braja Selebah, Kabupaten Lampung Timur. Dalam usahanya untuk menciptakan loyalitas pembeli diperlukan strategi pemarasan yang tepat, satu strategi pemasaran yang digunakan adalah penetapan harga yang terjangkau dan penyediaan lokasi yang luas. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dalam rangka menyusun skripsi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah harga secara parsial dapat mempengaruhi loyalitas pembeli dalam berbelanja pada Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari? 2) Apakah lokasi secara parsial dapat mempengaruhi loyalitas pembeli dalam berbelanja pada Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari? 3) Apakah harga dan lokasi secara simultan dapat mempengaruhi loyalitas pembeli dalam berbelanja pada Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari? 4) Bagaimanakah persepektif ekonomi Islam tentang harga, lokasi dan loyalitas pembeli di Toko Nuri Jaya Desa Braja Harjosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 30 responden sebagai sampel dari jumlah populasi tidak diketahui. Data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji t menunjukkan 1) Adanya pengaruh dari harga terhadap loyalitas pembeli, 2) tidak ada pengaruh antar lokasi terhadap loyalitas pembeli. Hasil uji f menunjukkan secara bersamaan variabel harga dan lokasi berpengaruh terhadap loyalitas pembeli pada Toko Nuri Jaya di Desa Braja Harjosari. 4) Sedangkan dalam perspektif ekonomi Islam, harga yang ditetapkan Toko Nuri Jaya sesuai dengan persepektif ekonomi islam yaitu harga atas dasar kerelaan atau suka sama suka dan lokasi yang dipilih dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar serta tidak merusak lingkungan. Serta adanya hubungan timbal balik yang menguntungkan antar penjuandan pembeli sehingga terciptalah loyalitas pembeli.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 admin admin; Sudarsono Efendi Sofyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.