STRATEGI PEMASARAN JUAL BELI SAYUR MAYUR DAN BUAH BUAHAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH DI DESA TANJUNG AJI KEC. MELINTING KAB.LAMPUNG TIMUR

Authors

  • ROYAN ROSYADI
  • VISTA FIRDASARI
  • RUDI HARTONO

Keywords:

Strategi Pemasaran, Jual Beli Sayur

Abstract

ABSTRAK

 

 

Jual beli adalah salah satu kegiatan yang menghasilkan barang dan uang hasil penjualan, untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat jual beli sudah berlaku sejak zaman Rosulallah S.A.W terkait hasil bumi yang akan mendapatkan keuntungan. Dalam Islam semua kegiatan termasuk dalam melakukan usaha ataujual beli ada batasan yang diperbolehkan. Strategi pemasaran adalah salah satu tehnik usaha dalam memasarkan hasil usahanya agar dikenal banyak orang, strategi pemasaran sendiri adalah strategi yang digunakan oleh pengusaha jual beli secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar. Penyusunan rencana usaha secara menyeluruh dilandasi oleh strategi pemasaran.

Penelitian  Dilaksanakan di Desa Tanjung Aji Kecamatan Melinting Lampung Timur, rumusan masalah pada penelitian ini adalah kendala dalam memasarkan hasil usahanya, bagaimana strategi pemasaran usaha yang dilakukan,  bagaimana pandangan ekonomi syari’ah mengenai strategi pemasaran Sayur mayur dan Buah-Buahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan dua jenis data yaitu sumber data primer dan sumber data skunder yang didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan usaha Jual Beli Sayur mayur dan buah-buahan di Desa Tanjung Aji sudah menerapkan strategi pengembangan usaha dapat dilihat dari adanya strategi pengembangan usaha seperti berdasarkan sikapnya meliputi: jujur dan profesional dan berdasarkan proses yang terbatas dari keharaman meliputi proses produksi, pemasaran,dan pendistribusian.

 

 

 

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Jual Beli Sayur

 

 

 

Published

2024-03-01

How to Cite

ROSYADI, R., VISTA FIRDASARI, & RUDI HARTONO. (2024). STRATEGI PEMASARAN JUAL BELI SAYUR MAYUR DAN BUAH BUAHAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH DI DESA TANJUNG AJI KEC. MELINTING KAB.LAMPUNG TIMUR . Jurnal Riset Ekonomi Islam, 1(2), 13–36. Retrieved from https://journal.steidarulquran.ac.id/index.php/jrei/article/view/25